Teknologi dan Sistem Kerja Grab
Tips & Cara

Sistem Kerja Grab : Teknologi dan Penjelasan Lengkapnya

Sistem Kerja Grab – Mendengar nama Grab mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi mengingat satu dari beberapa layanan transportasi online terbaik ini sudah tersebar hampir diseluruh penjuru tanah air. Terlebih lagi transportasi berbasis pada sebuah aplikasi yang dapat kita pesan secara online ini pun tengah menjadi layanan yang banyak di gandrungi masyarakat kita.

Hanya dengan bermodal sebuah aplikasi yang kita instal pada smartphone yang kita gunakan, kita bisa dengan mudah memesan layanan antar jemput alias onjek secara mudah tanpa harus kita mendatangi pangkalan-pangkalan ojek seperti dahulu. Selain itu, kita pun langsung dapat melihat tafir yang harus kita bayarkan setelah menggunakan layanan tersebut.

Dan hebatnya lagi dengan sistem kerja grab yang begitu baik, sekarang ini kita di hadapkan pada kemudahan memesan layanan selain ojek atau layanan antar jemput semata, karena dalam aplikasi grab yang kita miliki, kita juga bisa mengunakannya untuk memesan makanan, mengantar barang atau mengambil barang dengan tarif yang hemat dan tentunya keamanan dan kenyamanan yang sangat bagus.

Bicara tentang kemudahan dan kenyamanan yang selalu kita dapatkan dari aplikasi Grab tersebut, penah tidak kalau anda sepintas bertanya tentang bagaimana sistem kerja grab itu sendiri dan bagaimana awal mula lahirnya layanan Grab yang saat ini dapat kita nikmati dengan begitu mudah dan efisien?

Penjelasan Teknologi serta Sistem Kerja Grab

Teknologi dan Sistem Kerja Grab
Teknologi dan Sistem Kerja Grab

Untuk menjawab pertanyaan tersebut sesuai tertuis pada judul artikel diatas, kali ini akan kita jabarkan secara rinci menganai apa itu tranpsortasi online dan penjelasan tentang cara kerja Grab yang mampu mempermudah kita sebagai pengguna dapat menemukan driver yang akan membantu kita melaksanakan aktifitas. Jadi silahkan anda simak dan pahami penjelasan tentang sistem kerja grab terlengkapnya berikut ini.

Apa itu Transportasi Online?

Diruntut dari awal mulanya, transportasi online yang ada di Indonesia baik itu Grab ataupun Gojek sebenarnya sudah mulai aktif dari tahun 2010/2011 lalu. Perjalanan layanan transportasi yang berbasis pada sebuah aplikasi ini terus berkembang dan menjadi salah satu layanan terbaik yang dapat mempermudah setiap aktivitas masyarakat bagi dalam hal transportasi, logistik, hingga pembayaran hiperlokal.

Berbeda dengan Gojek yang merupakan starup pertama asal Indonesia yang di klasifikasikan sebagai sistem transportasi online terbaik dengan mampu menutup putaran pendanaan pada bulan Agustus 2016 lalu. Grab yang ada di jajaran penyedia layanan tranpsortasi online di Indonesia ini merupakan layanan yang datang dari startup Singapura yang juga tidak kalah hebatnya dari Gojek.

Beragam penawaran khusus dari sistem kerja grab yang ada sekarang ini menjadi salah satu daya tarik yang begitu besar untuk sebagian besar masyarakat tanah air kita. Apalagi ditambah dengan adanya kemudahan dalam proses pembayaran menggunakan OVO yang merupakan salah satu teknologi keuangan digital yang juga akan lebih membuat kita semakin mudah dan simple dalam bertransaksi online.

Teknologi Canggih yang Digunakan dalam Aplikasi Transportasi Online

Sebelum melangkah pada pembahasan mengenai sistem kerja Grab atau cara kerja Grab, tentu akan lebih mudah untuk anda pahami apabila kita bagikan atau jelaskan terlebih dahulu tentang apa-apa saja teknologi yang digunakan untuk bisa menggerakan layanan transportasi online ini, terutama bagi startup-startup yang mengandalkan sebuah aplikasi sebagai media perantaranya. Dan berikut aalah list teknologi yang digunakan.

#1. Telknologi End User

Tenologi end user yakni sebuah teknologi yang di miliki setiap orang terutama para calon konsumen lewat perantara sebuah aplikasi yang bisa kita unduh dan instal di smartphone baik itu android ataupun iOS.

  • Aplikasi Smartphone Android
  • Aplikasi Smartphone iOS

#2. Teknologi Database

Dengan adanya metode online yang di gunakan, tentu saja Grab sebagai penyedia punhars memiliki Cloud sendiri agar sebuah database yang dimiliki dapat tertampung dengan baik. Dan yang termasuk teknologi database itu sendiri antara lain

  • Cloud Computing
  • Smartphone Storage

#3. API / Application Programming Interface

Sebagaimana kita tahu bahwasannya setiap aplikasi yang ada saat ini selalu memiliki sebuah interface yang berbeda antara aplkikasi satu dan aplikasi lainnya. Dan bicara mengenai interface ini, kita tahu bahwa aplikasi Grab terbilang cukup mudah di operasikan karena interface yang ditawarkan sangatlah menariik. Adapun beberapa interface yang begitu sering kita gunakan di aplikasi ini antara lain

  • Google Maps
  • Google Place
  • Transjakarta API
  • Apotikantar API

#4. Pembayaran/Payment

Grab merupakan sebuah aplikasi layanan transportasi yang mempunyai kemudahan dalam sektor pembayarannya. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, OVO menjadi menjadi salah satu metode pembayaran yang dirasa begitu mudah dan simple. Umumnya metode pembayaran tersebut bisa dikatakan dengan sebutan E-Wallet (Electronic Wallet).

#5. Pelayanan pelanggan (Customer Service)

Selain dari beberapa sektor atau faktor yang sudah kami sampaikan diatas, ternyata didalam sebuah aplikasi Grab ini juga disediakan beberapa teknologi menarik seperti contohnya adalah tersedianya sebuah menu layanan pelanggan atau customer service yang meliputi

  • Sosial Media
  • Situs web
  • Call Center

Sistem Kerja Grab untuk Layanan Antar-Jemput

Teknologi Canggih pada Sistem Kerja Grab
Teknologi Canggih pada Sistem Kerja Grab

Setelah anda mengetahui secara garis besar apa-apa saja yang menjadi basis teknologi dari aplikasi Grab ini seperti kami jelaskan diatas, tentu anda sekarang sedang penasaran tentang bagaimana sistem kerja Grab. Maka dari itu untuk anda yang merasa penasaran dengan bagaimana cara kerja sistem grab ini silahkan anda lihat pada pembahasan berikut ini.

Bila di lihat secara umum kita sebagai pengguna umum mungkin hanya bisa tahu kalau sistem kerja grab ini sebatas memesan dari aplikasi dan menunggu driver datang. Padahal sebenarnya ada beberapa rangkaian sistem kerja yang harus di proses ketika anda meneman benu pesan oleh Grab. Nah apa saja langkah-langkah atau proses tersebut? berikut penjelasannya

  1. Pertama-tama tentu saja konsumen melakukan pemesanan Grab melalui aplikasi yang sudah anda unduh dan instal di smartphone anda dengan menentukan atau memasukan alamat penjemputan (pick Up) dan juga alamat yang akan di tuju (Drop Off).
  2. Setelah anda menentukan lokasi penjemputan dan alamat yang akan dituju, konsumen pun akan bisa memilih metode pembayaran yang akan di gunakan baik itu cash ataupun menggunakan metode simple dan cepat yaitu GrabPay yang memanfaatkan OVO sebagai bagian dari metode pembayaran instan ini.
  3. Jika anda telah menentukan metode pembayaran dan melakukan proses pemesanan dengan menekan menu “Pesan” pada halaman aplikasi Grab, secara otomatis aplikasi akan segera memproes pesanan yang anda buat tersebut dengan memanfaatkan algoritma yang begitu rumit untuk melakukan pencarian driver yang memiliki posisi terdekat dari anda.
  4. Apabila server atau database Grab telah menemukan lokasi driver yang dekat dengan anda, maka driver yang memenangkan bidding tersebut akan menghampiri anda untuk menjemput dan mengantarkan anda ke lokasi tujuan yang telah anda tentukan pada proses pemesanan diawal dengan aman dan nyaman
  5. Sesampainya di tujuan, penumpang wajib melakukan pembayaran ke driver baik itu menggunakan metode pembayaran cash ataupun mengunakan uang elektronik seperti Grabpay yang memanfaatkan saldo OVO anda.

Itulah sekiranya metode atau sistem kerja Grab yang bisa anda pahami, intinya mulai dari proses pemesanan hingga grab menemukan driver yang berada paling dekat dengan anda semua itu dilakukan oleh database Grab menggunakan sebuah algoritma rumit yang tidak akan bisa di lakukan sendiri tanpa adanya sebuah aplikasi.

Dengan begitu keberadaan apliaksi grab ataupun layanan transportasi online ini sangatlah pentig dan sangatlah berharga. Demikian informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini tentang cara dan sistem kerja grab yang mungkin tengah membuat anda penasaran, semoga setelah anda menyimak pembahasan kami diats anda dapat memperoleh gambaran yang mudah anda pahami tentang sistem kerja grab ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *