Cara Server Grab Memberi Order
Tips & Cara

4 Cara Server Grab Memberi Order ke Driver 2020

Advertisements

Cara Server Grab Memberi Order –  Order sepi atau akun gagu memang sering dijumpai pada beberapa akun driver Grab. Penyebab masalahnya bisa jadi karena driver kurang mengetahui bagaimana cara server memberi order maupun algoritma terbaru. Sistem pembagian order Grab memang memiliki urutan tersendiri.

Setelah mengetahui cara kerja Grab anda dapat memilih solusi yang tepat untuk mengatasi orderan sepi grab. Tak sedikit driver melakukan cara ping server Grab supaya orderan dapat masuk tanpa mengetahui sistem kerjanya. Nyatanya sistem pembagian order Grab dilakukan oleh server dengan perhitungan algoritma tertentu.

Pada dasarnya proses order terdiri dari konsumen yang memesan kemudian server akan memberi order ke driver untuk memenuhi pesanan. Namun ada sisi teknis saat proses berjalan, paling utama adalah kondisi akun drivernya. Jika akun aktif serta bekerja full time maka kesempatan cepat dapat order Grab lebih banyak dijumpai.

Advertisements

Namun jika akun Grab gagu atau jarang aktif maka akan kalah dengan driver lainnya. Bahkan kadang mangkal ditempat yang sama namun pengemudi lain terlebih dulu mendapatkan order. Oleh karena itu anda perlu untuk mengetahui sistem server memberi order ke mitranya.

Cara Server Grab Memberi Order

Cara Server Grab Memberi Order

Agar lebih simple dan mudah dimengerti maka kami merangkum alur server Grab memberi order pada diagram. Seluruh diagram terhubung sehingga memiliki koneksi saat bekerja.

Dimulai dari tahapan order oleh penumpang kemudian akan menuju server setelah itu pemilihan driver akan terjadi. Mitra yang dipilih sudah berdasarkan kriteria server secara online.

Cara Server Grab Memberi Order ke Driver

Akan terpilih antara driver full time maupun part time dipengaruhi rating akun, lokasi berada serta pelanggaran akun. Perhitungan tersebut merupakan algoritma server untuk menentukan memberi order. Kami juga akan mengupas satu per satu prosesnya berikut ini.

1. Konsumen Memesan Layanan Grab

Pelanggan melakukan pesanan lewat aplikasi Grab untuk layanan seperti GrabCar, GrabFood, GrabBike, GrabExpress, GrabAssistant, GrabMart maupun lainnya. Pesanan akan diterima oleh server Grab lalu diproses terlebih dulu sebelum diberikan kepada pengemudi.

Konsumen Memesan Layanan Grab

2. Order Diterima Server Lalu Diproses

Cara selanjutnya adalah server akan melakukan seleksi berdasarkan algoritma sistem. Beberapa algoritma server Grab yang diperhitungkan sebelum memberi order kepada driver adalah.

Order Diterima Server Lalu Diproses

  • Driver tidak melakukan pelanggaran kode etik Grab dan bekerja sesuai standar operasional.
  • Jarak atau radius konsumen dan driver dimana maksimal algoritma Grab maksimalnya 1 Kilometer.
  • Driver memiliki kecepatan berkendara normal yaitu 20 sampai dengan 40 Km/jam yang dipantau lewat GPS.
  • Server memiliki jeda waktu untuk memberi order bagi driver yang sudah melakukan perjalanan jauh. Jika jumlah order lebih banyak maka algoritma ini tidak berlaku.
  • Perhitungan berdasarkan mapping atau pemetaan visual sesuai dengan poin yang didapatkan driver.
  • Kondisi akun driver baik karena tidak memilih order dan tidak sering membatalkan pesanan.

3. Pemilihan Driver Dari Server

Terdapat 2 kategori driver yaitu part dan full time. Untuk yang part time atau paruh waktu merupakan golongan pengemudi yang hanya beroperasi pada jam tertentu saja. Sedangkan untuk full time bekerja seharian penuh. Untuk akun full time akan diutamakan dibandingkan yang paruh waktu.

Pemilihan Driver Dari Server

Kemudian untuk akun driver full time akan dibagi untuk yang siap dan tidak. Untuk akun yang siap maka dapat langsung menerima order dari server. Jadi kesimpulannya server akan memberi order utamanya kepada driver yang full time dan juga siap.

4. Driver Menerima Order Dari Server

Pengemudi akan menerima order sesuai dengan layanan apa yang mereka aktifkan dalam aplikasi driver. Beberapa layanan yang bisa diaktifkan mencakup GrabBike, GrabCar, GrabFood, GrabMart, GrabExpress Instant Bike maupun GrabExpress Instant Car. Server akan memberi order sesuai layanan yang driver aktifkan.

Driver Menerima Order Dari Server

Penerimaan pesanan juga dipengaruhi apabila driver mengaktifkan order prioritas. Secara langsung driver akan menerima kesempatan mendapatkan order lebih banyak.

Cara server Grab memberi order sangat dipengaruhi oleh faktor sistem perhitungan algoritma dan juga status akun mitra. Driver juga bisa melakukan daftar Grab Protect untuk mendapatkan pesanan layanan khusus. Setelah mengetahui cara server Grab diatas maka anda dapat menentukan langkah terbaik untuk mendapat penghasilkan maksimal.

Advertisements
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *